Hidup Cukup
Opini

Hidup Cukup

Hidup cukup, menjadi salah satu cara paling sederhana agar dapat menikmati hidup “menjalankan standar hidup”. Saat kita mempunyai uang banyak, kamu tidak wajib tinggal di rumah yang mewah, pakai kendaraanya keren atau makan di tempat mahal.

Saat kita mempunyai penghasilan satu juta, tapi merasa kebutuhan semakin lama semakin susah. Kemungkinan besar yang terjadi adalah kita terus menerus menambah keperluan. Yang awalnya jarang jajan diluar, pas punya uang lebih sedikit atau lagi ada promo langsung checkout. Seakan barang-barang yang dulu hanya sekadar hobi, sekarang menjadi kebutuhan wajib.

Andaikan sekarang kamu sudah mulai mempunyai penghasilan dan semakin naik sedikit, pertahankan standar hidup kamu saat ini ya.

Tapi kalau kamu hanya ingin mendapatkan status di mata orang lain tentangmu, maka kamu akan mendapat status yang kamu cari. Sebaliknya saat kamu hidup tanpa perlu status maupun pengakuan orang lain atas hidupmu, maka kamu akan menikmati hidup, bertemu dengan orang-orang baik.

“Jadi hidupku bakalan gini-gini aja dong?”

Rasa puas akan berbeda dengan rasa syukur. Apa yang kita lakukan ada baiknya kita merasa puas dengan apa yang didapat, tapi bentuk rasa syukur itu adalah dengan apa yang kita miliki lalu memaksimalkannya. Saat kamu punya ilmu, belajar lagi. Punya passion ini dan itu, kembangkan. Punya tenaga, ya kerja.

Tujuannya agar kita bisa berkembang. Menghilangkan ketakutan dari kekurangan yang kita miliki, supaya kamu bisa tetap berkarya dengan sebaik-baiknya. Semua itu dilakukan bukan berarti tidak boleh menikmati atas apa yang sudah kamu kerjakan dengan kerja keras. Justru saat kamu tidak menikmati sesuatu secara berlebihan, sesungguhnya bisa lebih bersyukur. Tapi bukan berarti kamu terlalu hemat dalam hal yang memang diperlukan untuk mempermudah produktivitas harimu, misalnya komputer atau laptop yang kamu pakai sudah mulai lambat saat digunakan maka jangan kamu paksakan dan berpikir “masih bisa nyala kok”. Akan lebih baik saat kamu menyimpan sebagian uangmu untuk membeli komputer atau laptop baru agar mempermudah serta mempercepat pekerjaanmu selesai.

Photo by George Pagan III on Unsplash

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *