Pentingnya Pramuka dalam Kehidupan

sumber gambar : https://pin.it/4s7lznjagkv7wy

Pramuka, Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana dan merupakan organisasi atau gerakan kepanduan. Pramuka adalah sebuah organisasi yang merupakan wadah proses pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan di Indonesia.
Sementara itu, Gerakan Pramuka adalah sebagai penyelenggara pendidikan kepanduan Indonesia yang merupakan bagian pendidikan nasional bertujuan untuk membina kaum muda
Pramuka sangat penting untuk membentuk karakter pemuda bangsa. Pramuka memberikan pendidikan yang membentuk karakter, seperti kedisiplinan, kesopanan, patuh pada aturan, kreatifitas, dan kecakapan berpikir. Pramuka mengajarkan kecakapan dalam berpikir dan menggunakan cara-cara kreatif dalam mengatasi permasalahan.

Dalam pramuka juga diajarkan cara bertahan hidup dalam keadaan darurat, misalnya jika tersesat di hutan, pramuka mengajarkan cara menggunakan kompas dan peta, memahami tanda-tanda alam, survival, dan cara membuat bivak. Dalam hal kreatifitas, pramuka mengajarkan cara-cara menggunakan benda-benda yang ada disekitar kita, seperti tali, tongkat, dan benda-benda lain. Kegiatan dalam pramuka lebih sering dilakukan di luar ruangan, yang berarti kegiatan dalam pramuka lebih banyak praktiknya.

Selain memberikan keterampilan prbadi, pramuka juga mengajarkan tentang kebersamaan. Pramuka mengajarkan untuk bekerja sama dengan orang lain, contohnya dalam kegiatan yang dilakukan secara kelompok. Selain itu, pramuka juga mengajarkan cara berorganisasi dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan.

Dalam organisasi kepramukaan, setiap anggota dituntut untuk bertanggungjawab dan aktif dalam kegiatan organisasi tersebut. Hal itu tentunya memberikan pengalaman yang sangat berguna, terutama dalam dunia kerja. Selain kemampuan akademik, kemampuan organisasi juga sangat diperhitungkan dalam seleksi masuk pekerjaan. Jiwa pramuka yang disiplin, cakap dalam berpikir, sopan, dan bertanggungjawab sangat dibutuhkan dalam kehidupan dewasa.

Begitu banyak ilmu dan pengalaman yang bisa didapat dari kegiatan pramuka. Oleh karena itu, pramuka sangat penting untuk membentuk karakter pemuda bangsa.

Dilehermu, merah putih melingkar
Sebuah ikatan abdi untuk bangsa Indonesia
Engkau wahai tunas muda
Adalah harapan pertiwi dan nusantara

Wahai Tunas muda
Masihkah kau menjadi tunas harapan
Yang akan menjadikan tanah air kita tetap menjadi syurga
Yang akan menjadikan kita tanah di atas tanah air kita

Wahai Tunas Muda
Ingatlah dasadarmumu
Cerminan akhlak nan mulia
Semboyan penuh makna tanpa prasyarat

Wahai Tunas Muda
Bukanlah seragam yang membesarkanmu
Bukan pangkat yang ada dipundakmu
Namun raga dan hatimu
yang akan mengantarkanmu
Menjadi Tunas muda Yang tumbuh menjadi sepohon kelapa
Menjadi tunas bangsa yang berguna
bagi agama Nusa Bangsa dan nusantara.

Pada detik detik yang menyengsarakan jangan pernah merasa kehilangan harapan INGAT! Hujan yang lebat dihasilkan dari mendung yang gelap.
Satu harta yang sangat berharga yang jarang dimiliki orang masa kini ia lah KEJUJURAN.

Kesuksesan paling besar adalah mampu BANGKIT saat terjatuh. Jangan pernah mengeluh terhadap cobaan yang Kita hadapi.

Semangat kepramukaan tetap bergelora , ciptakan suasana persaudaraan dan saling menghargai.

Bersama membangun bangsa Indonesia
Jayalah Indonesiaku
Satya ku ku Darmakan,
Darma ku kubaktikan.

Biografi Penulis

Zidda Ni’ami Anjani, atau akrab disapa zidda, lahir di Semarang, 15 Februari 2001. Sekarang melanjutkan pendidikan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Fakultas Syari’ah dan Hukum Program studi Hukum Keluarga Islam. Email zeezidda@gmail.com/ IG Ziddaanjani.

Related posts

Leave a Comment