Teman dan Harga Teman

Oleh: Iqbal Fahreza Suatu ketika saya mendapat sebuah permintaan dari salah satu teman saya untuk dibuatkan gambar-gambar. Dia sedang dalam masa pengerjaan tugas akhir kuliahnya. Dalam pengerjaan tugas akhirnya, dia membutuhkan storyboard (sketsa kasar yang biasanya menjadi kerangka kira-kira bagaimana cerita akan dibuat, biasanya digunakan ketika akan membuat komik atau film). Sedangkan dia tidak bisa menggambar untuk membuat storyboard. Kemudian dia menghubungi teman saya, yang juga teman saya, untuk dimintai tolong dibuatkan gambar-gambar untuk storyboard pelengkap tugas akhirnya. Namun teman saya yang dia mintai tolong menolak dan menyarankan untuk meminta…

Read More

UCAPAN PERAYAAN HARI NATAL: PERSPEKTIF JALAN TENGAH

Tradisi perayaan natal bagi umat Kristiani sudah menjadi sebuah tradisi di seluruh negara yang penduduknya terdapat penganut agama kristen. Tak terkecuali  di negeri yang katanya seluruh rakyatnya dituntut untuk hidup makmur menjalin kerukunan di tengah-tengah keberagaman budaya, adat, suku, ras dan agama, itulah Indonesia. Ragam bentuk perayaan hari natal membuat para agama-agama non Kristen ikut andil dalam memberikan ucapan sebagai bentuk toleransi dan penghormatan mereka terhadap saudara-saudara satu tanah air atas hari raya agama umat Kristen ini. Walaupun hanya sekedar pengucapan dan tidak sampai pada andil dalam perayaannya, situasi ini…

Read More

New Year, New Me – Selamat Tahun Baru 2020

Malam baru, malam yang tidak hanya dihiasi oleh kembang api, namun juga tiupan terompet yang mengingatkan ku dengan sebuah parodi di sosial media. Someone : “terompet adalah budaya yahudi!!, STOPP bunyikan terompet,” Isrofil : “he, Pie-pie buos.. baleni neh ah, muni opo mau ? GAGE-GAGE BALENI !!” Someone : “hehe mboten-mboten sapurane …mung guyonan ngunu mawon nesu :v” Isrofil : “eh, jaluk aku ceksound saiki po?” Someone : “hehe ampun-ampun mboten usah“ Itu hanya sebuah parodi ya teman-teman. Ah iya siapa yang tak tau malam itu, malam yang ditunggu-tunggu untuk…

Read More

Duri Batu Petani

Sumber Gambar : http://bit.ly/313cdHQ Wahai petani. Hidup untuk kepentingan negeri ini. Tapi terkadang juga tercekik oleh keadaan yang mereka hadapi. Kekeringan sering menghantui saat kemarau panjang menghampiri, cuaca sedang tak bersahabat. Narasi seperti itu sering didengungkan oleh para petani. Namun bukan hanya masalah itu saja yang sedang mereka hadapi. Bagaimana nasib bangsa ini jika ditinggalkan oleh para petani? Berevolusi industri? Lantas, rakyat Indonesia mau makan apa? Padahal Indonesia sudah terkenal dengan negara agraris, negeri yang pondasi utamanya berasal dari sektor pertanian. Apa saja. Entah itu petani padi, kentang, palawija, bawang, dan…

Read More

Panggilan Hijrah

Sumber Gambar : https://bit.ly/2Z27J8d Dari Sahabat Umar bin Khaththab ra berkata, “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya amal itu tergantung niatnya dan sesungguhnya setiap orang itu akan mendapatkan apa yang dia niatkan. Barang siapa hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau karena wanita yang hendak dinikahinya maka hijrahnya sesuai ke mana dia hijrah.” (HR. Bukhari & Muslim) Teringat kisah nabi Muhammad beserta para pengikutnya ketika diusir secara paksa oleh penduduk Makkah. Berbagai bentuk kejahatan telah menimpa mereka. Mereka…

Read More

Bucin

Sumber Gambar : http://bit.ly/2KFIHmj #part 1 Assalamu’alaikum temen-temen…. Selamat pagi/siang/sore/malam buat kamu. Iya kamu, kamu yang selalu aku tunggu namun tak ada kesempatan untuk bertemu. Passwordnya apa mas/mbak? Nyaman tog ora nganti jadian. Pokoknya yang harus diingat itu, ora bakal ilang tresnoku nggo kowe. Krik krik krik… Kali ini edisi BUCIN #part1 akan membahas tentang, apa sih bucin itu? Definisi bucin yang tepat itu yang seperti apa? Dan bagaimana kok bisa dijuluki dengan bucin? Langsung aja yuk simak di bawah! Menurut pendapat orang-orang yang sebenarnya jauh lebih bucin daripada penulis,…

Read More

BELIK (1)

  oleh: Hanis Akroh F. Pagi ini aku bertamu ke rumah Mbah Taya, dan bisa dibilang hampir setiap hari aku selalu datang kerumahnya, bagiku rumahnya sudah seperti rumah keduaku. Bagaimana tidak, lha wong  kalau lapar tinggal kedapur saja, bila tidak ada makanan ya bisa langsung masak, lauknya metik sendiri, ngambil hasil kebun dari pekarangan rumahnya. mau kopi tinggal bikin. Tapi aku juga tahu diri, tidak serta merta aku menjadi penjajah jor-joran di sini. Kadang aku juga sering membawa beras, kopi, gula atau semacamnya untuk Si Mbah,  Ya walaupun akhirnya aku…

Read More

PELAKOR

Sumber Gambar : Link Krekk…! Suara pintu kamarku terbuka. Terlihat langkah kecil dengan gontai masuk kamar. Wajahnya pucat. Tubuhnya lesu. Rasa ibaku menyayat-nyayat hati. Seketika gairah hidupku mati. Salah satu matahariku siang ini sinarnya pudar.“What happen? Kenapa kakak wajahnya gitu?” tanyaku.“Aku tadi kan ke rumah papa,” kata Sella sambil menahan air matanya biar tidak jatuh.“La iya, terus kenapa?” tanyaku penasaran.“Papa memilih Sulastri Ma!” sambil menahan air matanya.Peggg…! Dadaku kayak ditampek. Sakit sekali. Ada sesuatu menggumpal rasanya di dada. Jahanam Sulastri bocah sekecil ini harus diberitahu masalah orang tuanya.“Kan, udah dari dulu…

Read More

17 AGUSTUS

Sumber Gambar : https://bit.ly/2Mj1bvd 17 Agustus?Tepat hari ini, 74 tahun lamanya bangsa ini berdiri sendiri, berjuang untuk lepas dan bebas dari belenggu kolonialisme juga imperialisme setelah sekian abad. Bangsa yang tumbuh dan dibangun karena cinta, cinta dari para pejuang yang darahnya harum karena rela mati demi pembebasan tanah kelahiran. Kali ini, penulis tidak akan membahas tentang perjuangan bangsa ini untuk merdeka, karena tentunya perjalanan ini tak pernah lepas dari sejarah. Sejarah lah yang mengajarkan kita makna kehidupan di masa kini untuk mengerti ke mana arah perjalanan bangsa ini di masa…

Read More

Pentingnya Pramuka dalam Kehidupan

sumber gambar : https://pin.it/4s7lznjagkv7wy Pramuka, Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana dan merupakan organisasi atau gerakan kepanduan. Pramuka adalah sebuah organisasi yang merupakan wadah proses pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan di Indonesia.Sementara itu, Gerakan Pramuka adalah sebagai penyelenggara pendidikan kepanduan Indonesia yang merupakan bagian pendidikan nasional bertujuan untuk membina kaum muda Pramuka sangat penting untuk membentuk karakter pemuda bangsa. Pramuka memberikan pendidikan yang membentuk karakter, seperti kedisiplinan, kesopanan, patuh pada aturan, kreatifitas, dan kecakapan berpikir. Pramuka mengajarkan kecakapan dalam berpikir dan menggunakan cara-cara kreatif dalam mengatasi permasalahan. Dalam pramuka juga…

Read More