Ketika Kota Romantisku Berduka

Sumber Gambar : http://bit.ly/2NEYZzJ Kota romantisku berduka. Matahari sudah lama bersembunyi dibalik awan-awan pekat yang mewarnai langit kelabu. Aku sudah hampir dua jam duduk sendiri di atas sebuah motor yang kemungkinan milik salah satu pegawai pom bensin di sini. Sayangnya, ponselku sumber konektivitasku sedang dalam keadaan kritis hampir mati terbunuh oleh sumber daya nya sendiri. Jadilah diriku nelangsa lebih.Air yang menerjang bumi memang sudah tidak seganas tadi. Tapi tetap saja, memikirkan kado dari ayahku-sebuah komputer portabel-membuatku gamang menyeberang. Langkahku jadi menggantung di bibir tangga terakhir sebelum mencapai aspal. Beberapa menit…

Read More

Lebaran dan Ledakan Petasan

Nggak terasa bulan puasa akan segera berakhir. Padahal baru kemaren kan Sidang Isbat penetapan awal Ramadhan 1440 Hijriyah. Eh, Sekarang lebaran sudah di depan mata. Alhamdulillah puasa masih aman, gak kayak bulan kemaren. Banyak ajakan teman. Suka khilaf kalo liat yang manis-manis, kayak kamu (es buah, es campur, es oyen) dan es –ayank.
Sudah saatnya kita menyandarkan kepala, beserta tugas-tugasnya. Yang biasanya sering kita liat “glibat-glibet” ditempat foto kopi, dengan alasan kebutuhan akademik. Hal tersebut mungkin tidak berlaku, saat Lebaran tiba nanti. pasalnya Lebaran adalah penantian berharga bagi warga Indonesia yang merayakanya. Apalagi, bagi para jomblo-jomblokers yang fakir akan kasih sayang. Lebaran di jadikan momok untuk bertemu dengan kawan lama dengan tagar #gantistatus. Kenapa? Karena pilpres sudah usai. Hikhik. Bagaimana dengan yang masih jombloh? Yah itu mah derita lo! Sekarang ganti eranya Bucin. Budak cinta yang kelebihan micin. Katanya sih gitu. Tapi yang terpenting Lebaran adalah sebagai ajang silaturahmi bersama keluarga, kawan-kawan, tetangga dan mantan. Hah? gak salah tuh?! Mantan jadi tetangga mungkin. Ya aja kali, musuh-an kok terus. Mbok yo sekali-kali ketemu, ngapa. Silaturahmi? Ora!! pamer pacar baru . hiyahiyahiya.
Bukan hanya Lebaran saja yang dinanti. Tapi momen-momennya itu lo gengs! Yang bikin baper dan rindu. Banyak pertemuan tak terduga sedang menanti. Cuman ketemu sih gak papa. Tapi ada embel-embelnya, pernyataan dan pertanyaan. Yang kita bingung mau jawab apa. Seperti ” Sekarang udah gede ya, Kuliah dimana, Semester berapa, Sudah sampai mana sekripsinya, ”, hingga pertanyaan “Kapan nikah”. Hiiii serem!! Mendengarnya tuh rasanya seperti telinga yang di ledakin petasan. Duuarrr!!! Terasa menggema dan menari-nari asyik dalam gendang telinga. Untung pas Idul Fitri, jadi gak terasa pedasnya. Bagaimana sudah siap kah anda? Persiapkan dari sekarang

Read More

Berkah Ramadhan

Berkah atau barokah adalah transformasi dari nilai-nilai rahmat Tuhan yang telah dikreatifi oleh manusia. Sehingga nantinya akan menjadi kebaikan, manfaat atau yang dikenal dengan berkah atau barokah untuk lainnya.  Di dalam salam pun dua nama itu disebut secara berurutan “Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh”. Sebelum sampai ke berkah atau barokah, Tuhan memberi nilai-nilai yang lebih default dan principal kepada manusia agar dapat dipelajari dan disalurkan kembali dengan kreatifitasnya masing-masing untuk alam semesta yaitu rahmat. Mudahnya, rahmat dapat diartikan sebagai cinta atau kasih sayang Tuhan. Ini luas.  Nah, pada bulan ramadhan inilah orang-orang…

Read More

Sekilas SHIKAMARU

Jika medengar kata SHIKAMARU mungkin kita langsung terbayang tokoh protagonis yang ada di serial anime NARUTO. Tapi dugaan kalian meleset kawan, SHIKAMARU di sini adalah sebuah singkatan dari “Shinau Bareng Kakak Ikamaru”. Bimbel yang sudah berjalan 3 angkatan ini mempunyai tujuan untuk membantu adek-adek lulusan MA/SMA untuk melewati ujian UTBK dengan mudah. Dengan fasilitas Tempat penginapan yang bernuansa santri, modul pembelajaran, tentor-tentor yang ahli dibidangnya serta fasilitas-fasilitas lain yang masih banyak lagi, sangat memungkinkan untuk peserta SHIKAMARU dapat belajar dengan efektif nan nyaman. Program yang dibentuk oleh IKAMARU YOGYAKARTA ini…

Read More

Ikamaru Futsal Cup Jateng-DIY

16-17 Maret 2019, Ikamaru Jogja kembali “duwe gawe”. Kali ini Ikamaru Jogja mengadakan event olahraga, yakni Turnamen Futsal Ikamaru Cup Jateng-DIY di Telaga Futsal 2 Stadium, acara ini dilaksanakan dua hari, diikuti oleh Ikamaru luar daerah dan keluarga alumni pondok pesantren lainnya. Peserta yang ikut berpasrtisipasi dalam acara tersebut yaitu Ikamaru Semarang, Ikamaru Salatiga, Ikamaru Wonosobo, Ikamaru Surakata, Almahalli, Santri kajen, Asma Fc, kaliwening, Eforce Fc dan tidak lupa beberapa tim dari Tuan rumah yakni Ikamaru jogja dari angkatan Legend sampai angkatan 18. Turnamen ini dimulai dengan prosesi simbolis penendangan…

Read More

Kamu

    Oleh: Zahrotul Izaah   Ku menungguTak taukah kau ku tungguKau pergi tanpa permisiKau hilang tanpa kabarKau berubah tanpa pemberitahuanAku bisa apa?Haruskah aku mengejarmu?Maaf…Aku tak dapat melakukan ituDisini ku hanya bisa memandangi rinai hujan yang turunBukan hanya membawa kenanganNamun juga membawa semilir angin rinduRindu akan kehadiranmu yang membuatku tersenyum Rindu akan keberadaanmu yang membuatku tertawaRindu akan kedatanganmu yang membuatku bahagiaOh sinyalku… Biografi Penulis Zahrotul Izzah, yang akrab disapa Izzah, lahir di Pati, 21 Juli 2000. Sekarang melanjutkan pendidikan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Program…

Read More

Ngaji Bareng kitab ”Fathul Qorib” IKAMARU Jogja

YOGYAKARTA- Acara ngaji bareng kitab Fathul Qorib, fashl salm (pesan memesan) yang dilaksanakan di pagi hari menjelang siang pada pukul 10.00 WIB, bertempat di basecamp IKAMARU Jogja Markas Besar IKAMARU JOGJA, Perum Polri Gowok Blok F 1 46 Catur Tunggal Depok Sleman, Sleman, Tegal Tanda, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281 (23/2). Budaya mengaji kitab kuning selalu tak bisa dipisahkan dari kostum santri, seorang yang ngangsu ilmu dengan berbagai aktifitas berbobot ruhani, baik dengan mujahaddah, mutholaah ataupun musyawarah. Hal itu menjadi titik awal pijakan keluarga IKAMARU JOGJA untuk bernostalgia dengan…

Read More

Menjadi Islam yang Peduli Krisis Kemanusiaan

Sumber gambar: https://bit.ly/2Hsw8d6   Dunia saat ini sedang menghadapi krisis kemanusiaan terbesar sejak 1945 –Stephen O’Brien, dewan yang membidangi kemanusiaan PBB.Melihat pernyataan yang demikian sudah menjadi gambaran cukup jelas bahwa dunia saat ini masih berada pada titik krisis kemanusiaan. Berbagai negara di dunia mengalami berbagai isu kemanusiaan yang tak luput mendatangkan krisis kemanusiaan, baik dalam hal perdamaian, kemerdekaan, kesehatan, dan kelaparan. Diantaranya yang paling krusial adalah masalah kelaparan di era yang serba digital, serba maju masih ada orang di luar sana yang hanya mencari makan untuk menegakkan rusukpun kesulitan, sungguh ironi…

Read More

Pemuda dan Tren Musik Dangdut: Cerita di Balik New Kamaru

“Everyone have their own passion”. Pada dasarnya semua orang memiliki bidang yang diminati, baik berupa bidang seni, sains, dan lain-lain. Sebagai seorang mahasiswa yang merangkap sebagai santri, tentulah Ikamaru Jogja memiliki kewajiban yang lebih kompleks dibandingkan mahasiswa yang lain. Walaupun demikian, tidak menyurutkan semangat anggota ikamaru jogja untuk terus dapat mengasah minat dan bakat yang dimiliki. Dalam hal ini, Ikamaru Jogja memberikan wadah bagi anggota-anggotanya untuk dapat menyalurkan dan mengembangkan bakat dalam bidang seni khusunya musik dangdut, yaitu New Kamaru. Sampai saat ini, New Kamaru telah menjelma menjadi grup musik…

Read More

TRADISI MMK YANG DIKEMAS DALAM PERSAUDARAAN

Menelaah kitab kuning atau kitab tak berharokat adalah identitass seorang santri. Kegiatan semacam ini, bahkan menjadi sebuah adat dan tradisi turun-temurun. Dengan metode seperti ini, sikap haus akan keilmuan terus terjaga dalam jiwa seorang santri. Bahkan sampai dirinya dinyatakan lulus dari pondok pesantren. Ahad kemarin, (16/02) kegiatan menelaah kitab kuning kembali di adakan oleh IKAMARU Jogja. Bertempat di Basecamp IKAMARU Jogja di daerah Gowok, kegiatan ini menjadi ajang untuk nostalgia bersama sekaligus mengasah kembali kemampuan berfikir para alumni Pondok Pesantren Raudlatul Ulum dalam memahami cara baca dan isi kitab gundul.…

Read More