Berkah Ramadhan

Berkah atau barokah adalah transformasi dari nilai-nilai rahmat Tuhan yang telah dikreatifi oleh manusia. Sehingga nantinya akan menjadi kebaikan, manfaat atau yang dikenal dengan berkah atau barokah untuk lainnya. 

Di dalam salam pun dua nama itu disebut secara berurutan “Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh”. Sebelum sampai ke berkah atau barokah, Tuhan memberi nilai-nilai yang lebih default dan principal kepada manusia agar dapat dipelajari dan disalurkan kembali dengan kreatifitasnya masing-masing untuk alam semesta yaitu rahmat. Mudahnya, rahmat dapat diartikan sebagai cinta atau kasih sayang Tuhan. Ini luas. 

Nah, pada bulan ramadhan inilah orang-orang banyak membicarakan soal berkah atau barokah ini. Harapannya dengan hadirnya bulan suci yang selalu dinanti-nanti ini dapat memberikan manfaat dan berkah bagi semuanya sehingga terciptalah suasana badani dan rohani yang saling terhubung dan akan mengamankan atmosfer di alam. 

Ramadhan adalah bulan rohani, maka dalam bulan inilah kita secara rohaniah dapat meningkatkan kualitas diri dengan menciptakan udara segar dan lebih baru lagi dari kemarin-kemarin. Yang nantinya akan keluar melalui kaki tangan kita bekerja untuk memperluas kebaikan-kebaikan di dunia. 

Lalu output selanjutnya dari kebaikan-kebaikan ini akan melahirkan pemahaman baru orang tentang apa itu “Fastabiqul Khoirot”. Dan di dalam bulan ramadhan inilah atmosfer itu sangat terasa. 

Related posts

Leave a Comment