Bucin

Sumber Gambar : http://bit.ly/2KFIHmj #part 1 Assalamu’alaikum temen-temen…. Selamat pagi/siang/sore/malam buat kamu. Iya kamu, kamu yang selalu aku tunggu namun tak ada kesempatan untuk bertemu. Passwordnya apa mas/mbak? Nyaman tog ora nganti jadian. Pokoknya yang harus diingat itu, ora bakal ilang tresnoku nggo kowe. Krik krik krik… Kali ini edisi BUCIN #part1 akan membahas tentang, apa sih bucin itu? Definisi bucin yang tepat itu yang seperti apa? Dan bagaimana kok bisa dijuluki dengan bucin? Langsung aja yuk simak di bawah! Menurut pendapat orang-orang yang sebenarnya jauh lebih bucin daripada penulis,…

Read More

BELIK (1)

  oleh: Hanis Akroh F. Pagi ini aku bertamu ke rumah Mbah Taya, dan bisa dibilang hampir setiap hari aku selalu datang kerumahnya, bagiku rumahnya sudah seperti rumah keduaku. Bagaimana tidak, lha wong  kalau lapar tinggal kedapur saja, bila tidak ada makanan ya bisa langsung masak, lauknya metik sendiri, ngambil hasil kebun dari pekarangan rumahnya. mau kopi tinggal bikin. Tapi aku juga tahu diri, tidak serta merta aku menjadi penjajah jor-joran di sini. Kadang aku juga sering membawa beras, kopi, gula atau semacamnya untuk Si Mbah,  Ya walaupun akhirnya aku…

Read More

PELAKOR

Sumber Gambar : Link Krekk…! Suara pintu kamarku terbuka. Terlihat langkah kecil dengan gontai masuk kamar. Wajahnya pucat. Tubuhnya lesu. Rasa ibaku menyayat-nyayat hati. Seketika gairah hidupku mati. Salah satu matahariku siang ini sinarnya pudar.“What happen? Kenapa kakak wajahnya gitu?” tanyaku.“Aku tadi kan ke rumah papa,” kata Sella sambil menahan air matanya biar tidak jatuh.“La iya, terus kenapa?” tanyaku penasaran.“Papa memilih Sulastri Ma!” sambil menahan air matanya.Peggg…! Dadaku kayak ditampek. Sakit sekali. Ada sesuatu menggumpal rasanya di dada. Jahanam Sulastri bocah sekecil ini harus diberitahu masalah orang tuanya.“Kan, udah dari dulu…

Read More

17 AGUSTUS

Sumber Gambar : https://bit.ly/2Mj1bvd 17 Agustus?Tepat hari ini, 74 tahun lamanya bangsa ini berdiri sendiri, berjuang untuk lepas dan bebas dari belenggu kolonialisme juga imperialisme setelah sekian abad. Bangsa yang tumbuh dan dibangun karena cinta, cinta dari para pejuang yang darahnya harum karena rela mati demi pembebasan tanah kelahiran. Kali ini, penulis tidak akan membahas tentang perjuangan bangsa ini untuk merdeka, karena tentunya perjalanan ini tak pernah lepas dari sejarah. Sejarah lah yang mengajarkan kita makna kehidupan di masa kini untuk mengerti ke mana arah perjalanan bangsa ini di masa…

Read More

Pentingnya Pramuka dalam Kehidupan

sumber gambar : https://pin.it/4s7lznjagkv7wy Pramuka, Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana dan merupakan organisasi atau gerakan kepanduan. Pramuka adalah sebuah organisasi yang merupakan wadah proses pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan di Indonesia.Sementara itu, Gerakan Pramuka adalah sebagai penyelenggara pendidikan kepanduan Indonesia yang merupakan bagian pendidikan nasional bertujuan untuk membina kaum muda Pramuka sangat penting untuk membentuk karakter pemuda bangsa. Pramuka memberikan pendidikan yang membentuk karakter, seperti kedisiplinan, kesopanan, patuh pada aturan, kreatifitas, dan kecakapan berpikir. Pramuka mengajarkan kecakapan dalam berpikir dan menggunakan cara-cara kreatif dalam mengatasi permasalahan. Dalam pramuka juga…

Read More

SIAPAPUN BISA MENJADI APAPUN

(catatan saya ketika menonton wawancara Husni Assaerozi di TV9 Nusantara) Oleh: Iqbal Fahreza Siapa yang mengira bahwa seorang santri pun bisa menjadi komikus. Itu yang saya rasakan ketika saya mengenal mas Husni Assaerozi. Dia adalah seorang santri di Pondok Pesantren Assalafi Al-Fithrah Surabaya. Saya tak menyangka bahwa dia adalah kakak kelas saya semasa di Madrasah Aliyah ketika saya masih nyantri di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Guyangan, Trangkil, Pati. Rumahnya pun berada di desa Guyangan, sangat dekat dengan sekolah dan pesantren tempat saya nyantri dulu. Sekarang dia menjadi seorang komikus yang…

Read More

Humanisme dan Realitas

Ada apa dengan semesta,Duduk bersandar berpangku pada nasib Ada apa dengan semesta,Beranjak jingkrak, lunglai pada masaAda apa dengan semesta, Berpandang kosong, menafikan segala legalitas kebutuhanAda apa dengan semesta,Sebagian meng-iya dengan bangga, kosong melompong dalam realitaAda apa dengan semesta,Sisi lain memilih bungkam tanpa aksara, tindak pasti terlampau jadi bukti B pada A ber-euforia pada peng-iya-anSedang realita tak nampak dalam iyanyaC pada A sekedar lekukSedang euforia tak ada nampak adanya,Tanpa wara-wara dalam tindak serta iya-nya Lantas,Bagaimana semesta berlakuSedang realita tak nampak damai dengan humanitas BIOGRAFI PENULIS Ayyu Saniya Putri atau akrab dipanggil…

Read More

Ketika Kota Romantisku Berduka

Sumber Gambar : http://bit.ly/2NEYZzJ Kota romantisku berduka. Matahari sudah lama bersembunyi dibalik awan-awan pekat yang mewarnai langit kelabu. Aku sudah hampir dua jam duduk sendiri di atas sebuah motor yang kemungkinan milik salah satu pegawai pom bensin di sini. Sayangnya, ponselku sumber konektivitasku sedang dalam keadaan kritis hampir mati terbunuh oleh sumber daya nya sendiri. Jadilah diriku nelangsa lebih.Air yang menerjang bumi memang sudah tidak seganas tadi. Tapi tetap saja, memikirkan kado dari ayahku-sebuah komputer portabel-membuatku gamang menyeberang. Langkahku jadi menggantung di bibir tangga terakhir sebelum mencapai aspal. Beberapa menit…

Read More

Lebaran dan Ledakan Petasan

Nggak terasa bulan puasa akan segera berakhir. Padahal baru kemaren kan Sidang Isbat penetapan awal Ramadhan 1440 Hijriyah. Eh, Sekarang lebaran sudah di depan mata. Alhamdulillah puasa masih aman, gak kayak bulan kemaren. Banyak ajakan teman. Suka khilaf kalo liat yang manis-manis, kayak kamu (es buah, es campur, es oyen) dan es –ayank.
Sudah saatnya kita menyandarkan kepala, beserta tugas-tugasnya. Yang biasanya sering kita liat “glibat-glibet” ditempat foto kopi, dengan alasan kebutuhan akademik. Hal tersebut mungkin tidak berlaku, saat Lebaran tiba nanti. pasalnya Lebaran adalah penantian berharga bagi warga Indonesia yang merayakanya. Apalagi, bagi para jomblo-jomblokers yang fakir akan kasih sayang. Lebaran di jadikan momok untuk bertemu dengan kawan lama dengan tagar #gantistatus. Kenapa? Karena pilpres sudah usai. Hikhik. Bagaimana dengan yang masih jombloh? Yah itu mah derita lo! Sekarang ganti eranya Bucin. Budak cinta yang kelebihan micin. Katanya sih gitu. Tapi yang terpenting Lebaran adalah sebagai ajang silaturahmi bersama keluarga, kawan-kawan, tetangga dan mantan. Hah? gak salah tuh?! Mantan jadi tetangga mungkin. Ya aja kali, musuh-an kok terus. Mbok yo sekali-kali ketemu, ngapa. Silaturahmi? Ora!! pamer pacar baru . hiyahiyahiya.
Bukan hanya Lebaran saja yang dinanti. Tapi momen-momennya itu lo gengs! Yang bikin baper dan rindu. Banyak pertemuan tak terduga sedang menanti. Cuman ketemu sih gak papa. Tapi ada embel-embelnya, pernyataan dan pertanyaan. Yang kita bingung mau jawab apa. Seperti ” Sekarang udah gede ya, Kuliah dimana, Semester berapa, Sudah sampai mana sekripsinya, ”, hingga pertanyaan “Kapan nikah”. Hiiii serem!! Mendengarnya tuh rasanya seperti telinga yang di ledakin petasan. Duuarrr!!! Terasa menggema dan menari-nari asyik dalam gendang telinga. Untung pas Idul Fitri, jadi gak terasa pedasnya. Bagaimana sudah siap kah anda? Persiapkan dari sekarang

Read More

Kamu

    Oleh: Zahrotul Izaah   Ku menungguTak taukah kau ku tungguKau pergi tanpa permisiKau hilang tanpa kabarKau berubah tanpa pemberitahuanAku bisa apa?Haruskah aku mengejarmu?Maaf…Aku tak dapat melakukan ituDisini ku hanya bisa memandangi rinai hujan yang turunBukan hanya membawa kenanganNamun juga membawa semilir angin rinduRindu akan kehadiranmu yang membuatku tersenyum Rindu akan keberadaanmu yang membuatku tertawaRindu akan kedatanganmu yang membuatku bahagiaOh sinyalku… Biografi Penulis Zahrotul Izzah, yang akrab disapa Izzah, lahir di Pati, 21 Juli 2000. Sekarang melanjutkan pendidikan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Program…

Read More