Tradisi Negara : Hari Pahlawan

Sumber Gambar : https://bit.ly/2K6k1CQ Tepat setiap tanggal 10 November, Indonesia tidak pernah absen untuk memperingati hari bersejarah tersebut. Hari yang menjadi saksi bagi seluruh rakyat Indonesia tentang perjuangan tentara dan milisi Indonesia yang pro-kemerdekaan untuk melawan tentara Britania Raya dan Belanda yang tiada hentinya mengusik kedaulatan bangsa Indonesia. Peristiwa heroik yang terjadi di Surabaya 1945 ini merupakan pertempuran senjata terdahsyat dalam catatan sejarah bangsa Indonesia. Peringatan hari pahlawan ini tidak hanya dilaksanakan secara seremonial semata, melainkan yang paling penting adalah makna yang tersirat didalamnya. Sebagai warga bangsa yang taat dan sadar…

Read More

Duri Batu Petani

Sumber Gambar : http://bit.ly/313cdHQ Wahai petani. Hidup untuk kepentingan negeri ini. Tapi terkadang juga tercekik oleh keadaan yang mereka hadapi. Kekeringan sering menghantui saat kemarau panjang menghampiri, cuaca sedang tak bersahabat. Narasi seperti itu sering didengungkan oleh para petani. Namun bukan hanya masalah itu saja yang sedang mereka hadapi. Bagaimana nasib bangsa ini jika ditinggalkan oleh para petani? Berevolusi industri? Lantas, rakyat Indonesia mau makan apa? Padahal Indonesia sudah terkenal dengan negara agraris, negeri yang pondasi utamanya berasal dari sektor pertanian. Apa saja. Entah itu petani padi, kentang, palawija, bawang, dan…

Read More

Panggilan Hijrah

Sumber Gambar : https://bit.ly/2Z27J8d Dari Sahabat Umar bin Khaththab ra berkata, “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya amal itu tergantung niatnya dan sesungguhnya setiap orang itu akan mendapatkan apa yang dia niatkan. Barang siapa hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau karena wanita yang hendak dinikahinya maka hijrahnya sesuai ke mana dia hijrah.” (HR. Bukhari & Muslim) Teringat kisah nabi Muhammad beserta para pengikutnya ketika diusir secara paksa oleh penduduk Makkah. Berbagai bentuk kejahatan telah menimpa mereka. Mereka…

Read More

Bucin

Sumber Gambar : http://bit.ly/2KFIHmj #part 1 Assalamu’alaikum temen-temen…. Selamat pagi/siang/sore/malam buat kamu. Iya kamu, kamu yang selalu aku tunggu namun tak ada kesempatan untuk bertemu. Passwordnya apa mas/mbak? Nyaman tog ora nganti jadian. Pokoknya yang harus diingat itu, ora bakal ilang tresnoku nggo kowe. Krik krik krik… Kali ini edisi BUCIN #part1 akan membahas tentang, apa sih bucin itu? Definisi bucin yang tepat itu yang seperti apa? Dan bagaimana kok bisa dijuluki dengan bucin? Langsung aja yuk simak di bawah! Menurut pendapat orang-orang yang sebenarnya jauh lebih bucin daripada penulis,…

Read More

BELIK (1)

  oleh: Hanis Akroh F. Pagi ini aku bertamu ke rumah Mbah Taya, dan bisa dibilang hampir setiap hari aku selalu datang kerumahnya, bagiku rumahnya sudah seperti rumah keduaku. Bagaimana tidak, lha wong  kalau lapar tinggal kedapur saja, bila tidak ada makanan ya bisa langsung masak, lauknya metik sendiri, ngambil hasil kebun dari pekarangan rumahnya. mau kopi tinggal bikin. Tapi aku juga tahu diri, tidak serta merta aku menjadi penjajah jor-joran di sini. Kadang aku juga sering membawa beras, kopi, gula atau semacamnya untuk Si Mbah,  Ya walaupun akhirnya aku…

Read More

PELAKOR

Sumber Gambar : Link Krekk…! Suara pintu kamarku terbuka. Terlihat langkah kecil dengan gontai masuk kamar. Wajahnya pucat. Tubuhnya lesu. Rasa ibaku menyayat-nyayat hati. Seketika gairah hidupku mati. Salah satu matahariku siang ini sinarnya pudar.“What happen? Kenapa kakak wajahnya gitu?” tanyaku.“Aku tadi kan ke rumah papa,” kata Sella sambil menahan air matanya biar tidak jatuh.“La iya, terus kenapa?” tanyaku penasaran.“Papa memilih Sulastri Ma!” sambil menahan air matanya.Peggg…! Dadaku kayak ditampek. Sakit sekali. Ada sesuatu menggumpal rasanya di dada. Jahanam Sulastri bocah sekecil ini harus diberitahu masalah orang tuanya.“Kan, udah dari dulu…

Read More

17 AGUSTUS

Sumber Gambar : https://bit.ly/2Mj1bvd 17 Agustus?Tepat hari ini, 74 tahun lamanya bangsa ini berdiri sendiri, berjuang untuk lepas dan bebas dari belenggu kolonialisme juga imperialisme setelah sekian abad. Bangsa yang tumbuh dan dibangun karena cinta, cinta dari para pejuang yang darahnya harum karena rela mati demi pembebasan tanah kelahiran. Kali ini, penulis tidak akan membahas tentang perjuangan bangsa ini untuk merdeka, karena tentunya perjalanan ini tak pernah lepas dari sejarah. Sejarah lah yang mengajarkan kita makna kehidupan di masa kini untuk mengerti ke mana arah perjalanan bangsa ini di masa…

Read More

Pentingnya Pramuka dalam Kehidupan

sumber gambar : https://pin.it/4s7lznjagkv7wy Pramuka, Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana dan merupakan organisasi atau gerakan kepanduan. Pramuka adalah sebuah organisasi yang merupakan wadah proses pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan di Indonesia.Sementara itu, Gerakan Pramuka adalah sebagai penyelenggara pendidikan kepanduan Indonesia yang merupakan bagian pendidikan nasional bertujuan untuk membina kaum muda Pramuka sangat penting untuk membentuk karakter pemuda bangsa. Pramuka memberikan pendidikan yang membentuk karakter, seperti kedisiplinan, kesopanan, patuh pada aturan, kreatifitas, dan kecakapan berpikir. Pramuka mengajarkan kecakapan dalam berpikir dan menggunakan cara-cara kreatif dalam mengatasi permasalahan. Dalam pramuka juga…

Read More

SIAPAPUN BISA MENJADI APAPUN

(catatan saya ketika menonton wawancara Husni Assaerozi di TV9 Nusantara) Oleh: Iqbal Fahreza Siapa yang mengira bahwa seorang santri pun bisa menjadi komikus. Itu yang saya rasakan ketika saya mengenal mas Husni Assaerozi. Dia adalah seorang santri di Pondok Pesantren Assalafi Al-Fithrah Surabaya. Saya tak menyangka bahwa dia adalah kakak kelas saya semasa di Madrasah Aliyah ketika saya masih nyantri di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Guyangan, Trangkil, Pati. Rumahnya pun berada di desa Guyangan, sangat dekat dengan sekolah dan pesantren tempat saya nyantri dulu. Sekarang dia menjadi seorang komikus yang…

Read More

Humanisme dan Realitas

Ada apa dengan semesta,Duduk bersandar berpangku pada nasib Ada apa dengan semesta,Beranjak jingkrak, lunglai pada masaAda apa dengan semesta, Berpandang kosong, menafikan segala legalitas kebutuhanAda apa dengan semesta,Sebagian meng-iya dengan bangga, kosong melompong dalam realitaAda apa dengan semesta,Sisi lain memilih bungkam tanpa aksara, tindak pasti terlampau jadi bukti B pada A ber-euforia pada peng-iya-anSedang realita tak nampak dalam iyanyaC pada A sekedar lekukSedang euforia tak ada nampak adanya,Tanpa wara-wara dalam tindak serta iya-nya Lantas,Bagaimana semesta berlakuSedang realita tak nampak damai dengan humanitas BIOGRAFI PENULIS Ayyu Saniya Putri atau akrab dipanggil…

Read More